Punya pertanyaan? Hubungi Kami

LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM BERMUTU (Determinan Madrasah Tsanawiyah Efektif)

LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM BERMUTU (Determinan Madrasah Tsanawiyah Efektif)

Penulis: Dr. Wahyudhiana, MM.Pd

Sinopsis:

Buku yang sedang anda baca ini berjudul LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM BERMUTU (Determinan Madrasah Tsanawiyah Efektif) adalah buku yang ditulis berbasis buku buku yang disusun  pada tahun 2018. Beberapa faktor penting yang mempengaruhi kualitas madrasah ini dapat dijadikan salah satu acuan bagi para pemerhati mutu pendidikan, khususnya madrasah di Indonesia. Bagaimana upaya meningkatkan kualitas salah satu lembaga pendidikan formal di Indonesia, dapat dicermati dengan seksama dan merupakan salah satu tujuan penulisan buku ini.

Madrasah efektif adalah sebuah gambaran parameter dengan indikator lingkungan yang mendukung (supporting in put), kepemimpinan dan sumber daya yang efektif (enabling conditions), iklim yang mendukung (school climate) dan pembelajaran yang kreatif (teaching-learning process).  Dalam buku ini, permasalahan yang ada yaitu apakah model hubungan variabel yang mempengaruhi madrasah efektif di Kabupaten Purbalingga teruji secara empirik.  Seberapa besar kontribusi kinerja pengawas pendidikan agama Islam, kinerja kepala madrasah, kinerja guru bersertifikat profesional, kinerja komite madrasah terhadap mutu proses dan madrasah efektif di lingkungan Madrasah Tsanawiyah di kabupaten Purbalingga.

Pendekatan buku ini adalah deskripsi korelasional, prediksi dan aanalisis jalur. Populasi buku ini adalah semua guru Madrasah Tsanawiyah yang terakreditasi “A” dan “B” sebanyak 31 madrasah,  dan  sudah bersertifikat profesional dari 39 Madrasah Tsanawiyah negeri dan swasta di Kabupaten Purbalingga dengan jumlah 334 orang dengan tingkat kesalahan 10 %, jumlah sampel 150 orang. Sampel diambil dengan teknik proporsional acak (proprtional random sampling), dengan instrumen utama adalah metode angket, sebagai pelengkap adalah metode wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan permodelan persamaan struktural (SEM) menggunakan analisis AMOS.

Dari analisis data ditemukan bahwa : Pertama, ada kesesuaian model konseptual dengan model teruji secara empirik. Kedua, variabel kinerja pengawas pendidikan Islam, kinerja kepala madrasah, kinerja guru bersertifikat profesional dan kinerja komite madrasah berpengaruh terhadap mutu proses. Besarnya kontribusi pengaruh variabel eksogen yaitu 89,9 %, selebihnya 10,1 %  dipengaruhi oleh faktor lain di luar model. Ketiga, kontribusi pengaruh variabel mutu proses, kinerja pengawas pendidikan Islam, kinerja kepala madrasah, kinerja guru bersertifikat profesional, kinerja komite madrasah terhadap madrasah efektif sebesar 93,4 %, sedangka sisanya 6,6 %  dipengaruhi oleh faktor lain di luar model. Keempat, model dapat digunakan untuk memprediksi madrasah Tsanawiyah efektif, dengan upaya mengelola variabel eksogen dengan koefisien regresi yang telah teruji. Rekomendasi: model madrasah tsanawiyah efektif dapat digunakan untuk memprediksi efektifitas madrasah dengan mempertimbangkan skala prioritas, variabel mutu proses, variabel kinerja guru bersertifikat profesional, kinerja kepala madrasah, komite madrasah, dengan berbagai  ilmu dan wawasan.

Cetakan Pertama: Agustus 2021

Jumlah Halaman : XII+249

ISBN: 978-623-97139-6-6

Diterbitkan Oleh:

CV. Diva Pustaka

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *